Pengertian Tidak Likuid

Apa Itu Tidak Likuid?

Tidak likuid mengacu pada keadaan saham, obligasi, atau aset lain yang tidak dapat dengan mudah dan siap dijual atau ditukar dengan uang tunai tanpa kehilangan nilai yang substansial. Aset yang tidak likuid mungkin sulit untuk dijual dengan cepat karena aktivitas perdagangan yang rendah atau minat terhadap masalah tersebut, yang ditunjukkan oleh kurangnya investor atau spekulan yang siap dan bersedia untuk membeli atau menjual aset tersebut. Akibatnya, aset yang tidak likuid cenderung memiliki volume perdagangan yang lebih rendah, spread bid-ask Rancak Media yang lebih luas , dan volatilitas harga yang lebih besar.

Ilikuiditas adalah kebalikan dari likuiditas .

Ilikuiditas terjadi ketika sekuritas atau aset lain yang tidak dapat dengan mudah dan cepat dijual atau ditukar dengan uang tunai tanpa kehilangan nilai yang substansial.
Aset yang tidak likuid mungkin sulit untuk dijual dengan cepat karena kurangnya investor atau spekulan yang siap dan bersedia untuk membeli aset tersebut, sedangkan sekuritas yang diperdagangkan secara aktif akan cenderung lebih likuid.
Aset tidak likuid cenderung memiliki bid-ask spread yang lebih luas, volatilitas yang lebih besar dan, sebagai akibatnya, risiko yang lebih tinggi bagi investor.

2:25
Aset Likuid & Tidak Likuid
Ilikuiditas Dijelaskan

Mengenai aset tidak likuid, kurangnya pembeli yang siap juga menyebabkan perbedaan yang lebih besar antara harga yang diminta, yang ditetapkan oleh penjual, dan harga penawaran yang diajukan oleh pembeli. Perbedaan ini menyebabkan spread bid-ask yang jauh lebih besar daripada yang ditemukan di pasar yang teratur dengan aktivitas perdagangan harian. Minimnya depth of the market (DOM), atau ready buyers, dapat menyebabkan pemegang aset yang tidak likuid mengalami kerugian, terutama saat investor ingin menjual dengan cepat.

Ilikuiditas dalam konteks bisnis mengacu pada perusahaan yang tidak memiliki arus kas yang diperlukan untuk melakukan pembayaran utang yang diperlukan, meskipun itu tidak berarti perusahaan tersebut tanpa aset. Aset modal , termasuk real estat dan peralatan produksi, seringkali memiliki nilai tetapi tidak mudah dijual saat uang tunai diperlukan. Penjualan aset tidak likuid bukanlah bisnis inti perusahaan. Mereka umumnya mencakup setiap properti yang dimiliki oleh perusahaan yang berada di luar produk yang diproduksi untuk dijual. Pada saat krisis, perusahaan mungkin perlu melikuidasi aset-aset ini untuk menghindari kebangkrutan , dan jika ini terjadi dengan cepat, perusahaan dapat menjual aset dengan harga jauh di bawah harga pasar yang wajar, kadang-kadang dikenal sebagai penjualan api.

Selain itu, perusahaan dapat menjadi tidak likuid jika tidak dapat memperoleh uang tunai yang diperlukan untuk memenuhi kewajiban utang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *